Tuesday, January 16, 2007

Kelahiran Mateo



Free MySpace Layoutsateo dijadwalkan lahir tanggal 11 September 2006. Cuma memang dari kontrol-kontrol sebelumnya, sudah diketahui kalau Mateo adalah bayi kecil. Kalau hasil USGnya diplot selalu ada di garis paling bawah. Sewaktu aku kontrol kehamilan diminggu ke 35, berat Mateo sudah menembus angka 2000gs, itu juga setelah USGnya diutak-atik sama Fukaishi Sensei. Tapi dari USG selalu dicek aliran darah bayinya normal. Waktu minggu ke 33 dan 31, Luki dikirim ke ruangan kecil dibagian DSOGnya Kosei Byooin, dipasangin CTG buat dicek detak jantung si bayi apakah normal atau tidak. Selama ini sih normal-normal saja, jadi senseinya tenang-tenang saja. Jum'at, waktu kontrol kehamilan diminggu ke 36 , pas di USG berat bayinya malah kurang dari 2000gs, sama senseinya diulang-ulang terus sampai beberapa kali, tetap aja kurang dari 2000gs. Akhirnya aku disuruh masuh RS hari Senin . Sabtu, udah mulai ada flek-flek darah, kita berdua udah berhamburan ke RS, pas dicek katanya gak papa, malah ditawarin mau masuk rumah sakit hari itu juga gak? Akunya gak mau. Hari Senin jam 2.00 kita check in ke RS, kebetulan waktu itu Tota shift malem kerjanya jadi bisa nganterin aku ke RS. Trusan aku dipasangin CTG berkali-kali.Kayanya dah ada kontraksi walaupun baru 15 menit sekali. Sakit banget hehehehe...Selasanya, habis makan pagi aku dipasangin CTG lagi trusan aku disuruh kontrol, diperiksa bawah and di USG sama Kameda Sensei. Lama banget lagi USGnya, sama senseinya tampangnya serius amat...jadi nakut2in. Akhirnya si sensei bilang kalo bayiku terlalu kecil untuk ukuran seumurannya, dan air ketubannya udah hampir gak ada. Trusan aku disuruh balik ke kamar, dan tak lama kemudian dipanggil dan dijelasin kalau bayinya harus dikeluarkan dengan segera, soalnya hasil CTGnya juga menunjukkan kalau detak jantungnya udah drop.Aku sih hai hai aja.. habis dalam hati udah takut kalau ada apa-apa.. trusan tak lama si Tota dateng.. pas itu dateng lagi Yamashita Sensei. Pas dia lihat ada Tota dia langsung bilang, wah bagus deh ada suaminya.. dia jelasin kalau bayinya harus segera dikeluarin. Aku gak ngeh kalo aku mo dioperasi saat itu juga.. tiba-tiba udah banyak suster-suster yang dateng.. jalanin prosedur operasi dari periksa lajur darah yang dari kuping and tetek bengeknya..Si Tota aku suruh beli kartu telpon soalnya aku mau telpon orang tua di Indonesia. Pas si Tota pergi susternya dateng lagi nanya suaminya mana ya.. aku bilang lagi ke convinience store beli kartu telpon. Trusan kata susternya suaminya dipanggil deh, dokternya mau ngomong. Ya udah si Tota tak telpon, pas balik kita dipanggil sama dokter and suruh tanda tangan surat pernyataan operasi. Jam 1.30 aku dimasukin kamar operasi.. dan akhirnya bayinya keluar jam 2.27 ngoek ngoek keras hehehe.. senseinya cuma bilang denger gak...langsung dibawa pake inkubator ke ruang GCU/NICU. Trusan pas udah mau selesai si Fukaishi Sensei dateng.. langsung ngasih tau kalo bayinya kecil tapi sehat..Puji Tuhan.. wah aku langsung lega banget.. namanya Ramateo Sahala Manurung... Lahir 1924gs/44 cm. Harus diinkubator and diinfus.. tapi diinkubatornya cuma 3 hari kok and diinfusnya juga cuma sebentar.. walaupun dokternya juga gak tau kenapa Teo gak gede2 di dalam perut, padahal maknya naik 14 kgs hehehe..Teo boleh keluar pas tanggal 15 September, 11 hari setelah aku pulang ke rumah dengan berat sekitar 2300gs.. and masih minum ASI perah lewat botol. Teo mulai bisa ASI eksklusif setelah sekitar umur 2.5 minggu.. 4 hari pertama cuma dikasih susu formula, karena aku belon boleh perah ASI. Dan aku bertekad kasih ASI eksklusif sampe 6 bulan.. biar Teo sehat,cerdas dan kuat.

Labels:

2 Comments:

At 1:29 PM, Blogger yenni 'yendoel' said...

Bingung Ki, jadi Teo persisnya lahir tanggal berapa? lahir prematur yah (lebih cepat dari jadwal)? pantesan pas lahir kecil. moga2 Teo tumbuh sehat dan pinter. itu yang mandiin di foto siapa Ki?

 
At 4:44 PM, Blogger TotaLuki said...

Hehehe... emaknya eror... sampe lupa gak nulis tgl lahir teo.. 22 agustus 06.
ga prematur sih,,krn dah msk week 37..cumakrn kecil hrs dikeluarin.
hehe..yg mandiin daku waktu msh di care unit

 

Post a Comment

<< Home

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker