Monday, September 22, 2008

Pajak di Jepang

Ceritanya karena mau masukin Teo ke Hoikuen, jadinya kita harus ke kantor walikota buat daftar.. and pas dikasih list harga berdasarkan pajak penghasilan daku langsung menjerit.. waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaks.. masak sekolahnya Teo harus bayar 34400 yen per bulan alamakjan.. yang boneng aja.. dapet uang darimana coba... gue langsung lemes.. si Tota apalagi langsung down and biasa gorong2.. (guling2 di tempat tidur)..

Trusan aku nanya sama orang walikota bagian anak.. ini apa ga bisa dimurahin.. kata orangnya coba aja sendiri ke kantor pajak.. trusan aku ke kantor pajak.. wah orangnya baik banget deh.. aku bilang kalo kita tiap bulan kirim uang ke mertua. Sebenernya itu bagian dari perpuluhan kita seh.. jd 5 persen ke gereja Kiryu, 5 persen lagi ke ortu Tota yang aka pensiunan pendeta.. nah ngirimnya biasanya kalo udah diatas 100000 yen.. kalo ngak mahal dipotongin biaya transfer dll.. Nah karena biasanya kita nitip2 temen2 yang puls ke Indo, or kalo ortuku pas kesini, or pas kita taun lalu ke Indonesia. Jadi mertuaku bisa dimasukin ke tanggungan kita.. Emang aga repot karena kantor pajak minta bukti akte lahir yang meyakinkan bahwa Tota anak mertua, minta juga KTP mertua.. pokoknya aku bolak balik karena syaratnya ga lengkap2.. tp perjuangan itu berbuah banget.. gila uang pajak kita balik sebanyak 48000 yen, trusan uang sekolah Teo jadi setengahnya.. yah rasional lah..buat kita yang udah kerja.. Puji Tuhan banget.. aku juga ga nyangka jadi turun 50 persen..

Trusan pas telpon, ortuku nanya.. gimana perjuangan ke kantor pajak berhasil gak.. aku bilang berhasil.. bapakku malah bingung.. wah di Jepang kok baik banget orang pajaknya kalo di Indonesia... bisa2 kamu ke kantor pajak malah disuruh bayar hehehehehe..

Buat yang ada di Jepang and udah jd employee sebaiknya kalo emang rutin kirim uang ke Indonesia buat bantu2 keluarga.. dicantumin waktu ngisi formulir pajak pas pertama kali masuk kantor. Soalnya bisa nurunin pajak pendapatan.. and berguna banget kalo anak mau masuk nursery school or TK.. gitu looo...

Labels:

4 Comments:

At 11:16 AM, Blogger yenni 'yendoel' said...

wah, baru tau ada sistem uang sekolah berdasarkan pajak. di china, SD-SMP gratis uang sekolah.
tk bayar sih... soalnya kan lebih ruwet urusannya. mesti nyediain tempat tidur, perlengkapan kamar mandi, cemilan dll. satu semesternya sekitar 2.5 juta. (waktu efektif sekolah 4 bulan)

 
At 11:03 AM, Blogger TotaLuki said...

wah lumayan juga.. disini kalo sd smp negri gratis sih.. cuma kalo TK emang mahal.. apalagi yang dibawah 3 taun.. diitung per bulan April.. jd walau teo udah 2 taun tp bulan april kemaren masih setaun jd dia masih kelas 1.. hehehe..

 
At 2:22 PM, Anonymous Anonymous said...

salam kenal luki
aku temannya awan, tinggal di sendai.
baru tau ttg pajak ini. boleh nanya japri? soalnya mulai april aku jd employee di jpg. thanks(^-^)
(w_anindito at yahoo.co.nz)

 
At 6:22 PM, Blogger Halimah said...

salam kenal..

aku halimah (indonesia).
mau tanya ya, di jepang personal atau perusahaan punya nomor identitas pajak pajak tdk?
di indonesia biasa disebut Nomor pokok wajib pajak (NPWP).

 

Post a Comment

<< Home

Lilypie 3rd Birthday PicLilypie 3rd Birthday Ticker